Sabtu, 22 Mei 2010

Tanjung Bira

UJUNG jazirah Sulawesi Selatan menawarkan wisata bahari yang sangat romantis. Pantai Tanjung Bira memiliki pemandangan laut yang jernih, pasir putih, dengan fasilitas yang sangat memadai. Datanglah ke Tanjung Bira. Rasakan lembutnya pasir sambil menikmati semilir angin. Pantai Tanjung Bira terletak di Desa Tanjung Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 40 kilometer sebelah timur Ibu Kota Kabupaten Bulukumba atau 200 kilometer sebelah tenggara Kota Makassar.



Letak Tanjung Bira yang tepat berada di ujung selatan jazirah Sulawesi Selatan membuat tempat ini berbeda dengan obyek wisata yang lain. Wisatawan dapat menyaksikan sunrise (matahari terbit) di ufuk timur dan sunset (matahari terbenam ) di ufuk barat pada satu garis lurus.Sepanjang pantai pasir putih terhampar demikian luasnya. Terasa sangat lembut. Banyak wisatawan mancanegara yang rela berjemur hampir seharian menikmati hangatnya mentari dan semilir angin yang melenakan, berenang, atau sekedar mencelupkan diri merasakan sejuknya air laut. Wisatawan juga dapat bermain-main atau berolahraga volley pantai di sana.



Pemandangan lepas ke perairan Selayar yang memiliki laut biru nan bersih. Di hadapan mata memandang, terlihat Pulau Liukang dan Pulau Kambing yang sering pula dikunjungi wisatawan. Perahu-perahu nelayan berjajar di salah satu bagian pantai. Perahu-perahu itu dapat digunakan untuk mengantarkan wisatawan menuju dua pulau itu. Kawasan Tanjung Bira terdiri dari dataran rendah pantai dan dataran tinggi atau perbukitan. Dari dataran yang agak tinggi, wisatawan dapat melihat aktivitas pelabuhan fery penyeberangan menuju Pulau Selayar. Malam hari adalah malam yang romantis di Tanjung Bira. Berbaring di pantai, menikmati suara debur ombak, sambil menyaksikan gemerlap bintang. Menjelang tengah malam, wisatawan bisa berbaur dengan nelayan yang baru kembali melaut. Membeli hasil tangkapan mereka untuk kemudian membakar dan menikmatinya.




Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp. 5.000,-. Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 600.000,- per hari. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif Rp. 30.000,-. Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut yang masih lengket di badan. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp. 65.000,-.



Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova dengan tarif sebesar Rp. 35.000,-. Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pete-pete (mikrolet) dengan tarif berkisar antara Rp. 8.000,- sampai – Rp. 10.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3 – 3,5 jam. Jika pengunjung berangkat dari Bandara Hasanuddin, langsung menuju ke terminal Malengkeri (Kota Makassar) dengan menggunakan taksi yang tarifnya sekitar Rp. 40.000,-. Di terminal ini kemudian naik bus tujuan Bulukumba atau yang langsung ke Tanjung Bira. Di kawasan wisata Tanjung Bira, angkutan umum beroperasi hanya sampai sore hari. Jika pengunjung harus kembali ke Kota Makassar pada sore itu juga, di sana tersedia mobil carteran (sewaan) dengan tarif Rp. 500.000,-.

0 komentar:

Posting Komentar

 
footer