Jumat, 21 Mei 2010

Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang di apit oleh dua semenanjung. Pantai Tanjung Tinggi, yang berjarak lebih kurang 2 Km dari Pantai Tanjung Kelayang, merupakan sebuah pantai yang dapat melahirkan "misteri". Pengunjung seolah-olah berada dikawasan yang penuh dengan khayalan. Pantai ini berbentuk teluk kecil sepanjang lebih kurang 100 m, berpasir putih bersih dengan tebaran bebatuan granit yang tersusun indah. Di ujung bagian timur, terdapat tumpukan bebatuan yang salah satu celahnya membentuk sebuah "lorong" yang dapat dilalui. Udara di lorong batu itu sangat sejuk, serasa diruang berpendingin-udara. Di seberang pantai ini juga telah dibangun "The Villa Lor in Tanjung Tinggi" dengan fasilitas yang lengkap yang merupakan cikal bakal resort terbesar di Kepulauan Bangka Belitung.



Tanjung tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik. Dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Ada paling tidak dua puluh rumah makan seafood sederhana di sepanjang pantai. Ini adalah tempat untuk anda beristirahat sejenak, minum kopi atau memesan makan siang. Menu utama adalah makanan laut. Hanya saja, jangan berharap anda mendapatkan pelayanan sekelas restoran di mall. Mereka hanya orang-orang biasa dari desa yang membuka restoran sederhana. Jangan khawatir, masyarakat di sana selalu ramah pada semua tamu, sama seperti umumnya orang Indonesia.



Panorama alam yang di miliki pantai Pantai Tanjung Tinggi memang sangat memikat dan eksotis. Bagaimana tidak, sejauh mata lepas memandang, hanyalah sebuah keindahan dan keindahan. Belum lagi di tambah dengan perpaduan pasir putih halus yang berkilau di terpa sinar mentari dan bebatuan granit yang berdiri gagah dan megah, membuat Pantai Tanjung Tinggi memiliki karakter tersendiri pada wajah keindahan pantai di Indonesia .Selain memiliki panorama alam yang indah, kawasan wisata Pantai Tanjung Tinggi juga biasa di jadikan sebagai kawasan pemancingan, olahraga diving, bermain jet ski dan olahraga laut lainnya. Bagi masyarakat yang memiliki hobi memancing kawasan pantai ini juga memiliki kekayaan laut yang sempurna, mulai dari berbagai jenis ikan laut baik untuk konsumsi lokal maupun konsumsi ke luar negeri.




Dan bagi yang hobi diving, panorama alam bawah laut seperti terumbu karang yang di miliki sangatlah indah. Terumbu karang ini tidak pernah di jamah tangan-tangan jahil sehingga keindahannya tetaplah abadi. Bahkan keindahan terumbu karang ini dapat di lihat secara kasat mata saat kita berada di atas kapal dan bagi yang memiliki hobi bermain jet ski. Menggunakan jet ski atau kapal motor, hanya membutuhkan waktu singkat kita dapat menyinggahi pulau-pulau dan tempat-tempat obyek wisata lainnya seperti pantai Tanjung Kelayang, Pulau Burung dan Pulau Lengkuas dengan obyek wisata mercusuar peninggalan zaman kolonial Belanda.



Kawasan wisata Tanjung Tinggi memang memiliki panorama alam yang indah dan kekayaan laut yang sempurna, tidak di ragukan lagi, jika dijadikan sebagai salah satu pontensi kawasan wisata untuk menarik wisatawan dari luar negeri. Apalagi jika digarap secara maksimal seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Jika kita pernah menonton film Laskar Pelangi, atau pernah melihat video klip Nidji, band papan atas Indonesia, kita tentu ingat ketika Ikal bersama teman-temannya berlari-larian di daerah bebatuan granit seusai pulang sekolah dan berdiri berjajar di atas sebuah batu granit raksasa. Itu adalah kawasan wisata Pantai Tanjung Tinggi, yang dalam setiap tahunnya di gelar ritual “Buang Jong”, ritual selamatan laut oleh nelayan yang biasa di gelar di bulan September merupakan salah satu acara adat Belitong yang biasanya dibarengi dengan pagelaran kesenian khas Belitung lainnya.



Untuk mencapai kawasan wisata Pantai Tanjung Tinggi, ada dua jalan yang dapat di tempuh dari Kota Tanjunpandan, pertama melewati Jalan Sijuk dengan perjalanan melewati Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan, dan beberapa desa di Kecamatan Sijuk yakni Desa Air Seruk, Desa Air Selumar, Desa Sijuk, dan Desa Keciput. Kedua melewati Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, dan juga beberapa desa yang termasuk di dalam Kecamatan Sijuk yakni Desa Batu Itam, Desa Terong, Desa Tanjung Binga dan Desa Keciput. Dua jalan menuju kawasan wisata Tanjung Tinggi dapat di tempuh dalam waktu 20-30 menit dengan menggunakan kendaraan karena jaraknya dari Kota Tanjungpandan hanya 31 Km.

0 komentar:

Posting Komentar

 
footer